Pages

Senin, 27 Februari 2012

MENGUSIR RASA BOSAN

Rasa bosan pasti akan selalu mengejar kedalam tubuh manusia, dan itu tidak akan disadari kapan dan darimana datangnya. Banyak cara dan trik-trik tersendiri untuk mengusir bosan itu salah satunya ialah sebuah kisah yang menceritakan sorang tua yang bijak di Tanya oleh tamunya.

Tamu :” sebenarnya apa itu perasaan ‘bosan’ pak tua

Pak Tua :” bosan adalah ketika pikiran menginginkan perubahan, mendambakan sesuatu yang bru dan menginginkan berhentinya rutinitas hidup dan keadaan yang monoton dari waktu ke waktu.”

Tamu :” kenapa kita merasa bosan?”

Pak tua :” karena kita tidak pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki?”

Tamu :” bagaimina menghilangkan kebosanan ?”

Pak tua :” hanya ada satu cara, nikmatilah kebosanan itu maka kita pun akan terbebas darinya”

Pak tua :” bertanyalah pada dirimu sendiri, mengapa kamu tidak pernah bosan makan nasi yang sama rasanya setiap hari?”

Tamu :” karena kita makan nasi dengan lauk dan sayur yang berbeda pak tua..”

Pak tua :” benar sekali anakku, tambahkan rutinitasmu, maka kebosananpun akan hilang.”

Tamu :” bagaimana menambahkan hal baru dakam rutinitas ?”

Pak tua :” ubahlah caramu melakukan rutinitas itu, kalau biasanyan menulis sambil dudk, cobahlah menulis sambil jongkok atau berbaring. Kalau biasanya membaca di kursi, cobahlah membaca sambil berjalan atau meloncat-loncat. Kalu biasanya menelpon dengan tangan kanan cobahlah menelpon dengan tangan kiri atau dengan kaki kalau bisa dan seterusnya.”

Lau tumu itu pun pergi.

Beberapa hari kemudian tamu itu mengunjungi pak tua lagi.

Tamu :” pak tua saya melakukan apa yang anda sarankan, kenapa saya masih merasa bosan ya?”

Pak tua :” cobalah sesuatu yang bersifat kekanak-kanakan”

Tamu :” contohnya ?”

Pak tua :” mainkan permainan yang paling kamu sukai dimasa kecil dulu”

Lalu tamu itu pun pergi.

Beberapa minggu kemudian, tamu itu dating algi ke rumah pak tua.

Tamu :” pak tua, saya melakukan apayang pak tua sarankan. Disetiap waktu senggang saya bermain sepuas-puasnya semua permainan anak-anak yang saya senagi dulu. Dan keajaiban pun terjadi, sampai saat ini saya tidak merasa bosan lagi, meskipun saya melakukan hl-hal yang dulu saya anggap membosankan. Kenapa bisa demikian pak tua….?”

Sambil tersenyum pak tua menjawab

Pak tua :” karena segala sesuatu sebenarnya berasal dari fikiranmu sendiri. Anakku, kebosana itupun berasal dari pikiranmu yng berfikir tentang kebosanan. Saya menyuruhmu bermain seperti anak kecil agar pikiranmu menjadi ceria. Sekarang kamu tidak merasa bosan lagi karena fikiranmu yang ceria berhasil mengalahkan fikiranmu yang bosan. Segala sesuatu barasal dari fikiran “

Berfikir bosan menyebabkan kau bosan dan berfikir ceria menjadikan kamu ceria.

Nah, mengutip dari kisah diatas dapat disimpulkan bahwa mengusir bosan itu sebenarnya mudah, tergantung dari kita sendiri yang menyikapinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar